Langsung ke konten utama




Komunikasi Dengan Anak
Pernyataan Observasi

Ini obrolan sama Varah sepulang sekolah dua hari yang lalu. Ceritanya aku pengen nyoba praktek komunikasi produktif bagian mengganti kalimat interogasi dengan pernyataan observasi.

Biasanya sepulang sekolah aku nanya nya begini,
"Varah td di sekolah ngapain aja? Belajar apa?"

Dan jawaban standart ala Varah adalah "Yaa... biasa aja deh ma, kek kemaren-kemaren, maen sama ghita."

"Terus, belajar apa aja tadi?" Kejarku

"Belajarnya ya pelajaran hari ini, maa... sama kek yang di weekly. Kalo mama pengen tau, coba liat aja buku-bukuku di tas." Jawab Varah dengan cuek sambil ngambil perlengkapan redeco squishynya.

Aku mikir dulu mau nanya apa, supaya gak dapet jawaban standart ala Varah. Aku ngeliat ke baju yg dipakai Varah sepulang sekolah. Bukan baju pramuka seperti yg dipake pas berangkat sekolah. Lantas aku keingetan, semalem miss Andin WA ngingetin buibu supaya anak-anak dibawain baju ganti karena mau ada kegiatan seru di sekolah.

"Loh iya, Varah... kamu pulang gak pake baju pramuka nih, tadi jadinya ada kegiatan seru apa di sekolah? Yang semalem dibilang miss Andin di WA itu loh... " tanyaku

"Ooh ituu, tadi aku bersihin kolam lele, Ma.."

"Ohya? Varah bagian apa?"

"Aku bagian nangkap ikan lele."

"Lah, gak takut dipatil?"

 "Yaa kan nangkepnya gak pake tangan, pake alat ma. Jadi gak pegang langsung. Ya kalii pegang langsung, kan geli juga. Itu aja pas nangkep lelenya, aku gak nyemplung langsung ke air kolam. Ada 2 bata merah yg bisa dipake pijakan. Aman deh, jd kakiku gak dikerubungin lelenya. Geli ma, kan ikan lelenya banyak banget. Dulu pas pertama bikin kolam, diisi bibit ikan lele nya 500an. Sekarang kayaknya gak nyampe segitu sih, palingan cuma puluhan ato nyampe seratusan gitu lah." cerita varah panjang kali lebar.



"Ooh begitu yaa...tapi kok lelenya cuman tinggal segitu ya, varah, mati ato kenapa itu?"

"Gak tau ma, mungkin ada yang mati sendiri, ato ada yang dimakan sama temennya. Mungkin loh ya maa... "

"Ooh gitu tooh... yawdah, sekarang sana taruh baju pramukamu yg kotor di tempat baju kotor, terus buruan ambil makan sendiri." Perintahku sambil menyudahi obrolan tadi.

Dan apa reaksi Varah mendengar kalimat perintah majemuk barusan?

"Mama aja yang beresin baju kotorku, aku mau makan."

Jiaaah.... aku lupa kaidah Keep Information Short & Simple alias KISS. 😅 Jadiiii kalo nyuruh anak ngerjain sesuatu itu sebaiknya pake kalimat tunggal. Bukan kalimat majemuk. Selesai satu aktifitas, baru dikasi perintah selanjutnya. Hihihi gagal deh kaidah KISS kali ini. Tapi gakpapa, poin mengganti kalimat interogasi dengan pernyataan observasi, menurutku lumayan sukses bikin varah mau cerita sekelumit harinya di sekolah.



#hari2
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsay
#institutibuprofesional

Komentar

  1. Terkadang emang udh kebiasaan ya emak2 kalo kasih perintah suka pake kalimat majemuk.. karena pingin semua cepat selesai.. tp ternyata salah kita ya mak 😅

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mini Project Kelas Online Basic Decor Cake dari Dapur Emak Depok

Saya suka masak bareng di dapur, sesuai dengan hobi saya.... ngobrol dan ngunyah.... karena itu saya memilih kelas minat Dapur Emak 💖 Berhubung sekarang masih ada pandemi corona, jadi tidak memungkinkan bagi kelas minat untuk mengadakan mitup offline. Jadi terlintas ide di benak saya tuk mengadakan kelas online dengan platform FB 😁. Mengapa FB, karena jika kelas online diadakan di wag, kemungkinan akan memberatkan memori smartphone, karena terlalu banyak video yang disimpan. Jadi dengan kelas online di FB, peserta bisa mengakses video selamanya tanpa perlu menyimpan.  Judul : Kelas Online Basic Decor untuk Cake Deskripsi Project :  Belajar membuat Basic Decor Cake. 🍰Pemateri menyiapakan video materi terlebih dahulu. 🍰Video pertama adalah resep dan cara membuat butter cream. Disertai resep tertulis, lengkap dengan step-step cara membuat. 🍰Peserta sudah menyiapkan cake bebas yg sudah jadi (siap dihias), bahan butter cream dan pewarna butter cream. Susunan ma...

Day 1. Belajar Pengukuran Dengan Menimbang Adonan Bolen

Tak terasa waktu berjalan, sudah memasuki Game Level 6.  Kali ini emak udah berjanji untuk mengerjakan level ini lebih baik dari level 5 kemaren.  Bismillah....  Di level ini emak harus membuat anak suka dengan matematika. Karena sejatinya, tanpa kita sadari, matematika itu ada di sekitar kita. Pelajaran matematika bukanlah suatu pelajaran yang harus ditakuti atopun dibenci. Untuk itu, emak harus kreatif mengajarkan matematika dasar kepada anak. Tadinya mau bikin  games plan untuk day 1 sampai 10, tapi biasanya bocah belom tentu mau jalan sesuai dengan planning emak. Jadilah emak merencanakan games matematika nya day by day aja.  Hari jumat ini, berhubung emak sedang bikin adonan untuk pesenan bolen, langsung dimanfaat sajah untuk praktek kegiatan pengukuran matematika hari ini. Untuk mengerjakan ini sebenarnya mudah, ada adonan seberat X gram (maafkan pake X karena emak lupa mencatat angka persisnya), adonan ini harus dibagi menjadi 60 adonan...

Day 4. Sekuel Playing With Money

Real time hari ke 6 tantangan 10 hari. Tapi, here i am... baru nulis sampe hari ke 4 😁 😆 Di Gambar diatas emak prepare bikin 4 kolom yang ditulisin gambar koin 100, 200, 500 dan 1000. Lalu gambar beberapa bulatan dibawah gambar, random aja jumlahnya, suka suka emak. Tugas anak adalah meletakkan koin yang sama sesuai gambar diatas, lalu menjumlahkan kuantitas koin (bukan nilai riilnya ya). Tulis jumlahnya di bawahnya. Seperti terlihat di gambar, veena belum bisa menulis angka 4 dan 6, jadi emak kasi contoh di kertas disampingnya. Untuk angka 2 ditulis veena secara mandiri.  Di gambar ke 2, ini ceritanya emak mau maen jualan sama Veena. Barangnya dikasi label harga sesuai koin yang ada. Disini Veena harus jadi pembeli dulu. Karena nanti tugas Veena adalah membayar koin seseuai dengan label harga pada masing-masing barang. Kurang lebih seperti gambar ke 3 yaa nanti bayar nya.  "Jualan...jualaan.... Buk, beli dong bu... donat nya murah nih buk, c...