Langsung ke konten utama




Komunikasi Dengan Anak
Pernyataan Observasi

Ini obrolan sama Varah sepulang sekolah dua hari yang lalu. Ceritanya aku pengen nyoba praktek komunikasi produktif bagian mengganti kalimat interogasi dengan pernyataan observasi.

Biasanya sepulang sekolah aku nanya nya begini,
"Varah td di sekolah ngapain aja? Belajar apa?"

Dan jawaban standart ala Varah adalah "Yaa... biasa aja deh ma, kek kemaren-kemaren, maen sama ghita."

"Terus, belajar apa aja tadi?" Kejarku

"Belajarnya ya pelajaran hari ini, maa... sama kek yang di weekly. Kalo mama pengen tau, coba liat aja buku-bukuku di tas." Jawab Varah dengan cuek sambil ngambil perlengkapan redeco squishynya.

Aku mikir dulu mau nanya apa, supaya gak dapet jawaban standart ala Varah. Aku ngeliat ke baju yg dipakai Varah sepulang sekolah. Bukan baju pramuka seperti yg dipake pas berangkat sekolah. Lantas aku keingetan, semalem miss Andin WA ngingetin buibu supaya anak-anak dibawain baju ganti karena mau ada kegiatan seru di sekolah.

"Loh iya, Varah... kamu pulang gak pake baju pramuka nih, tadi jadinya ada kegiatan seru apa di sekolah? Yang semalem dibilang miss Andin di WA itu loh... " tanyaku

"Ooh ituu, tadi aku bersihin kolam lele, Ma.."

"Ohya? Varah bagian apa?"

"Aku bagian nangkap ikan lele."

"Lah, gak takut dipatil?"

 "Yaa kan nangkepnya gak pake tangan, pake alat ma. Jadi gak pegang langsung. Ya kalii pegang langsung, kan geli juga. Itu aja pas nangkep lelenya, aku gak nyemplung langsung ke air kolam. Ada 2 bata merah yg bisa dipake pijakan. Aman deh, jd kakiku gak dikerubungin lelenya. Geli ma, kan ikan lelenya banyak banget. Dulu pas pertama bikin kolam, diisi bibit ikan lele nya 500an. Sekarang kayaknya gak nyampe segitu sih, palingan cuma puluhan ato nyampe seratusan gitu lah." cerita varah panjang kali lebar.



"Ooh begitu yaa...tapi kok lelenya cuman tinggal segitu ya, varah, mati ato kenapa itu?"

"Gak tau ma, mungkin ada yang mati sendiri, ato ada yang dimakan sama temennya. Mungkin loh ya maa... "

"Ooh gitu tooh... yawdah, sekarang sana taruh baju pramukamu yg kotor di tempat baju kotor, terus buruan ambil makan sendiri." Perintahku sambil menyudahi obrolan tadi.

Dan apa reaksi Varah mendengar kalimat perintah majemuk barusan?

"Mama aja yang beresin baju kotorku, aku mau makan."

Jiaaah.... aku lupa kaidah Keep Information Short & Simple alias KISS. ๐Ÿ˜… Jadiiii kalo nyuruh anak ngerjain sesuatu itu sebaiknya pake kalimat tunggal. Bukan kalimat majemuk. Selesai satu aktifitas, baru dikasi perintah selanjutnya. Hihihi gagal deh kaidah KISS kali ini. Tapi gakpapa, poin mengganti kalimat interogasi dengan pernyataan observasi, menurutku lumayan sukses bikin varah mau cerita sekelumit harinya di sekolah.



#hari2
#gamelevel1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsay
#institutibuprofesional

Komentar

  1. Terkadang emang udh kebiasaan ya emak2 kalo kasih perintah suka pake kalimat majemuk.. karena pingin semua cepat selesai.. tp ternyata salah kita ya mak ๐Ÿ˜…

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 10. Belajar Math sks bareng kak Varah

Hari ini belajar math bareng kak Varah. Beneran belajar! Bukan fun math. Besok kak Varah uts math. Dari kemaren-kemaren disuruh belajar math, kak Varah nya ngeles mulu, bilangnya mau belajar IPS dulu lah, mau belajar IPA aja lah... pokoknya males belajar math. Dan pada hari minggu di siang hari, sepulang Ghita maen, mulailah kak Varah belajar sks bareng mama... Materi buat uts math besok adalah ๐Ÿ’Ÿ mengubah: -pecahan ke desimal -pecahan ke persen -desimal ke persen -desimal ke pecahan -persen ke pecahan -persen ke desimal... (dibolak balik aja deh pokoknya.. ๐Ÿ˜…) ๐Ÿ’ŸPenjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembaguan pecahan ๐Ÿ’Ÿmenghitung diskon mulai belajar... M: mana yang gak ngerti? V: gak tau, udah kasi soal aja ๐Ÿ˜‘ M: yawdah kerjain beberapa nomer dari semua latihan soal yaa... Pengeeen bangeeet.... cari cara belajar math yang fun buat kak varah. Dulu pas tk dan awal SD kak varah masih suka math loh... kenapa sekarang jadi ilfil ya sama math?! ๐Ÿค” [After UTS]...

Day 7. Belajar Aneka bentuk Segi

Hari ini veena & mama belajar beberapa macam bentuk segi, yaitu segitiga, segi empat,  segi lima, segi enam dan persegi panjang. Harapan emak, dengan mengenalkan aneka bentuk segi sesuai jumlah sisinya, akan lebih mudah diingat veena. Nah, untuk tambahan, mama bikinin veena gambar hati dan bintang... eeh bintangnya gk kelihatan di gambar ini yaa....?! ๐Ÿค” Naahhh.... ini dia yang gambar bintangnya keliatan ๐Ÿ’Ÿ tapii veena tetep gak senyum nih, fun math hari ini gak fun ternyata buat veena.  Note for myself: jangan menyerah yaa... tetap semangaattt ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช #harike7 #Tantangan10hari #Level6 #KuliahBunsayIip #ILoveMath #MathAroundUs #ceritaVeen a

Day 10. Review Snapsheed

Kenal aplikasi ini semenjak belajar food photography bareng mak Far, mak Hana dan dapur emak. Buat edit foto makanan, biar kelihatan semakin mengugah selera.  Walaupun yang biasa kupake baru Tune Image, Detail, Blur, Selective, Frame, & text.  #Day10 #GameLevel12  #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia #ceritalusy