Langsung ke konten utama

NHW1 Komunikasi Organisasi

Pada dasarnya, komunikasi di WAG Kelas Minat Basic Dapur Emak lebih mudah, karena ada kesamaan minat yaitu memasak. Dan lagi, di kelas basic, sebagian besar penghuni nya termasuk baru, jadi masih antusias sharing dan aktif di kelas.

Yang jadi kendala disini, justru komunikasi di kelas Intermediate. Kelas intermediate yang merupakan kelas lanjutan dari kelas basic, cuma beranggotakan 6 orang dan ditambah 6 orang dari tim kreatif dapur.

Biasanya program kerja di tiap kelas adalah masak kompakan  tiap 2 minggu sekali. Disela-sela itu ada pertemuan offline 2x dan sharing seminggu sekali, namun yang terakhir ini kurang efektif alias tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Setelah berdiskusi dengan tim Kreatif Dapur Emak, kami memutuskan untuk menghidupkan sharing seminggu sekali ini. Nantinya akan dibuat jadwal sharing, dengan tema bebas, sesuai kemampuan yang sharing, entah itu tips membuat donat yang cakep atau sharing tentang makan sehat, atau tips baking lain nya. Insya Allah jika hal ini berjalan, kondisi grup sudah cukup kondusif.

Oiya, di wag juga diberlakukan larangan komentar "nyimak" 😅, harus memberi pendapat yang riil...

Di hari sabtu kemaren, setelah sharing dari mak Farida dan ditambahi oleh sharing pengalaman makan sehat oleh mak Dyas, muncul suatu ide, untuk belajar membuat tempe sendiri, dari kedele non GMO. Kita masih mencari narsum dari luar, apakah memungkinkan dari segi biaya untuk mengadakan workshop offline nya. Niat baik untuk hidup lebih sehat, semoga diberi jalan & kemudahan untuk eksekusinya.... aamiin.


#Materi1 #NHW1
#KomunikasiOrganisasi
#DapurEmakIIPDepok

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mini Project Kelas Online Basic Decor Cake dari Dapur Emak Depok

Saya suka masak bareng di dapur, sesuai dengan hobi saya.... ngobrol dan ngunyah.... karena itu saya memilih kelas minat Dapur Emak 💖 Berhubung sekarang masih ada pandemi corona, jadi tidak memungkinkan bagi kelas minat untuk mengadakan mitup offline. Jadi terlintas ide di benak saya tuk mengadakan kelas online dengan platform FB 😁. Mengapa FB, karena jika kelas online diadakan di wag, kemungkinan akan memberatkan memori smartphone, karena terlalu banyak video yang disimpan. Jadi dengan kelas online di FB, peserta bisa mengakses video selamanya tanpa perlu menyimpan.  Judul : Kelas Online Basic Decor untuk Cake Deskripsi Project :  Belajar membuat Basic Decor Cake. 🍰Pemateri menyiapakan video materi terlebih dahulu. 🍰Video pertama adalah resep dan cara membuat butter cream. Disertai resep tertulis, lengkap dengan step-step cara membuat. 🍰Peserta sudah menyiapkan cake bebas yg sudah jadi (siap dihias), bahan butter cream dan pewarna butter cream. Susunan ma...

Day 1. Belajar Pengukuran Dengan Menimbang Adonan Bolen

Tak terasa waktu berjalan, sudah memasuki Game Level 6.  Kali ini emak udah berjanji untuk mengerjakan level ini lebih baik dari level 5 kemaren.  Bismillah....  Di level ini emak harus membuat anak suka dengan matematika. Karena sejatinya, tanpa kita sadari, matematika itu ada di sekitar kita. Pelajaran matematika bukanlah suatu pelajaran yang harus ditakuti atopun dibenci. Untuk itu, emak harus kreatif mengajarkan matematika dasar kepada anak. Tadinya mau bikin  games plan untuk day 1 sampai 10, tapi biasanya bocah belom tentu mau jalan sesuai dengan planning emak. Jadilah emak merencanakan games matematika nya day by day aja.  Hari jumat ini, berhubung emak sedang bikin adonan untuk pesenan bolen, langsung dimanfaat sajah untuk praktek kegiatan pengukuran matematika hari ini. Untuk mengerjakan ini sebenarnya mudah, ada adonan seberat X gram (maafkan pake X karena emak lupa mencatat angka persisnya), adonan ini harus dibagi menjadi 60 adonan...

Day 4. Sekuel Playing With Money

Real time hari ke 6 tantangan 10 hari. Tapi, here i am... baru nulis sampe hari ke 4 😁 😆 Di Gambar diatas emak prepare bikin 4 kolom yang ditulisin gambar koin 100, 200, 500 dan 1000. Lalu gambar beberapa bulatan dibawah gambar, random aja jumlahnya, suka suka emak. Tugas anak adalah meletakkan koin yang sama sesuai gambar diatas, lalu menjumlahkan kuantitas koin (bukan nilai riilnya ya). Tulis jumlahnya di bawahnya. Seperti terlihat di gambar, veena belum bisa menulis angka 4 dan 6, jadi emak kasi contoh di kertas disampingnya. Untuk angka 2 ditulis veena secara mandiri.  Di gambar ke 2, ini ceritanya emak mau maen jualan sama Veena. Barangnya dikasi label harga sesuai koin yang ada. Disini Veena harus jadi pembeli dulu. Karena nanti tugas Veena adalah membayar koin seseuai dengan label harga pada masing-masing barang. Kurang lebih seperti gambar ke 3 yaa nanti bayar nya.  "Jualan...jualaan.... Buk, beli dong bu... donat nya murah nih buk, c...