Langsung ke konten utama

Day 10





Di pagi hari PG 9 melempar pretest mengenai materi hari ini. Karena secara umum, materi hari ini dan materi sebelumnya boleh dibilang beda-beda tipis.

Link Pretest :
https://forms.gle/tUY4RwCznrANzgcG9

Pendidikan untuk mencegah pelecehan seksual pada anak. Ini video dari india.
https://youtu.be/e4wbhMkXBko
Ada seorang mak yang menyarankan bahwa video ini kurang baik jika ditonton oleh anak under 7. Tapi ada juga mak yang mengatakan it's oke asal diberi penjelasan bahwa video ini bukan untuk menakut-nakuti namun fakta dunia.. better save than parno.

Pertanyaan 1
Mak Sheila PG4









Di slide 9, ada tentang penguatan ekonomi.
Ini maksudnya ekonomi anak atau orangtua?
Lalu bagaimana dengan korban / pelaku yang memang secara ekonomi sudah dianggap baik.

Jawaban
Penguatan ekonomi yg dimaksudkan adalah dalam konteks penguatan ekonomi negara. Dengan  anggaran yang berpihak pada kepentingan/kesejahteraan anak, ada jaminan kepastian pendidikan dan pemeliharaan anak2. Ada biaya untuk melakukan edukasi pencegahan kekerasan seksual s/d rehabilitasi, ada anggaran untuk mendampingi anak2 dengan profesi rentan kekerasan seksual misalnya anak  jalanan, ada biaya untuk mendidik anak2 yg tidak mampu untuk punya kegiatan bermanfaat yg nantinya dpt meningkatkan kualitas hidup mereka.

Sebagaimana juga yg tercantum dlm UUD 1945 bahwa fakir miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara.


Jika negara belum sepenuhnya mampu menjalankan hal tsb, maka peluang untuk masyarakat/komunitas hadir mengisi kesenjangan kecil.
Melalui program2 pemberdayaan masyarakat seperti yg dilakukan oleh beberapa mitra kerja KPAI di bidang socio development. Kita sebagai warga masyarakat pun masih bisa berperan sebagai potensi kekuatan, memenuhi amar maruf nahi munkar.


Pertanyaan 2
Mak Siva PG7
Bagaimana sikap kita ketika ada anak tetangga usia 4 - 6 tahunyang mainnya peluk-pelukan antara cewek ke cowok dan sebaliknya. Dan juga mainnya seperti menggelitiki si cewek, memegang bagian dada si cewek dengan konteks mereka bermain dan bercanda sesama anak?

Jawaban
Kita sebagai masyarakat berlaku amar maruf nahi munkar. Kita tegur sebagai orang dewasa bahwa hal tersebut tidak baik, sekaligus jadi waktunya jam "kurikulum Allah" momen memperkenalkan konsep mahram bukan mahram. Dengan tenang dan santai penyampaiannya supaya mereka menerima juga dengan baik. Setelahnya ajak beraktivitas yang lain yang mengalihkan keisengan dan energi mereka yang berlebih. Olahraga permainan atau ice breaking lainnya.


Kelas cukup sepi dikarenakan hari ketika presentasi berlangsung adalah tanggal 17 agustus 2019, hari dimana di seluruh penjuru indonesia terutama di daerah kampung maupun desa banyak diadakan lomba-lomba yang seru dan tasyakuran makan bersama.

Hasil pretest
https://docs.google.com/spreadsheets/d/1yLEuPbI__yv0OW5oY8vvro1_VBencEU155SZL2V48hI/edit?usp=drivesdk

Pemenang hasil pretest
1. Sheila Ulfia Putri
2. Yang Nurina Tadesa
3. Siva Faoziah Fadillah





#Day10
#Bunsaylevel11
#Fitrahseksualitas
#kuliahbundasayangIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Day 10. Belajar Math sks bareng kak Varah

Hari ini belajar math bareng kak Varah. Beneran belajar! Bukan fun math. Besok kak Varah uts math. Dari kemaren-kemaren disuruh belajar math, kak Varah nya ngeles mulu, bilangnya mau belajar IPS dulu lah, mau belajar IPA aja lah... pokoknya males belajar math. Dan pada hari minggu di siang hari, sepulang Ghita maen, mulailah kak Varah belajar sks bareng mama... Materi buat uts math besok adalah ๐Ÿ’Ÿ mengubah: -pecahan ke desimal -pecahan ke persen -desimal ke persen -desimal ke pecahan -persen ke pecahan -persen ke desimal... (dibolak balik aja deh pokoknya.. ๐Ÿ˜…) ๐Ÿ’ŸPenjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembaguan pecahan ๐Ÿ’Ÿmenghitung diskon mulai belajar... M: mana yang gak ngerti? V: gak tau, udah kasi soal aja ๐Ÿ˜‘ M: yawdah kerjain beberapa nomer dari semua latihan soal yaa... Pengeeen bangeeet.... cari cara belajar math yang fun buat kak varah. Dulu pas tk dan awal SD kak varah masih suka math loh... kenapa sekarang jadi ilfil ya sama math?! ๐Ÿค” [After UTS]...

Day 7. Belajar Aneka bentuk Segi

Hari ini veena & mama belajar beberapa macam bentuk segi, yaitu segitiga, segi empat,  segi lima, segi enam dan persegi panjang. Harapan emak, dengan mengenalkan aneka bentuk segi sesuai jumlah sisinya, akan lebih mudah diingat veena. Nah, untuk tambahan, mama bikinin veena gambar hati dan bintang... eeh bintangnya gk kelihatan di gambar ini yaa....?! ๐Ÿค” Naahhh.... ini dia yang gambar bintangnya keliatan ๐Ÿ’Ÿ tapii veena tetep gak senyum nih, fun math hari ini gak fun ternyata buat veena.  Note for myself: jangan menyerah yaa... tetap semangaattt ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช #harike7 #Tantangan10hari #Level6 #KuliahBunsayIip #ILoveMath #MathAroundUs #ceritaVeen a

Day 10. Review Snapsheed

Kenal aplikasi ini semenjak belajar food photography bareng mak Far, mak Hana dan dapur emak. Buat edit foto makanan, biar kelihatan semakin mengugah selera.  Walaupun yang biasa kupake baru Tune Image, Detail, Blur, Selective, Frame, & text.  #Day10 #GameLevel12  #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia #ceritalusy