Langsung ke konten utama

Ibu Profesional Matrikulasi batch #5 NHW #1 Day #1



1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini!

Jawab:
Ini pertanyaan yang agak susah buatku karena sebenernya ada beberapa hal yang pengen aku pelajari.      Balik ke jaman pas aku kecil dulu, mama buka usaha kecil-kecilan yaitu terima obras, neci, lubang kancing, bikin kancing dari kain dan mewarnai kancing. Dari situ aku ( baca: Lusy kecil) mikir, waah kalo bisa jahit enak kali yaaa. Minta ajarin mama jahit menjahit, jawaban mama selalu "iya nanti dulu ya, mama masih repot." Minta di les in menjahit, mama gak punya uang lebih. Ya sudah lah... Lama-lama makin gede, makin banyak kesibukan, aku lupa kalo pengen belajar jahit hihihi.

Setahun atau dua tahun yang lalu, adekku ikutan kursus jahit bikin tas di mb Putri. Aku ikutan juga walopun waktu nya gak barengan, karena gak bisa matchingin waktu. Dari situ, berkobar-kobar lagi keinginan lama. Pengen les jahit lagiiii 😍😍. Eh, bukan lagi ding. Kan baru kali ini terkabul ikut les jahit. Pada dasarnya aku gak muluk-muluk pengen bisa jahit yang advanced gitu. Cukup bisa bikin gordyn, sprei dan sarung bantal, bikin bantal sofa, bikin mukena, bikin gamis sederhana dan dress anak yang simpel... itu aja udah cukup.

Balik ke les jahit bikin tas sama mbak putri. Selama les jahit, rasanya bahagia dan amazed banget...wah, bisa bikin tas sendiri! Horeee. Dengan semangat yang masih menyala-nyala, keesokan harinya aku nyoba praktek bikin tas satu lagi di rumah, sambil inget-inget cara bikin nya kemaren, buka catetan di notes dan buka foto step by step yang kubikin kemaren. Sudah jadi sekitar 60%,  eeh benang nya copot-copot mulu, lepas dari jarumnya. Sudah kupasang begitu lagi. Terus terang, aku bisa nya pake mesin jahit nya doang, kalo ada errornya, hihihi langsung minta bantuan temen yang lebih expert di dunia jahit menjahit. Ada satu kendala lagi yang membuatku rehat dari jahit menjahit ini. Aku masih punya batita. Waktu itu si kecil umurnya sekitar 1.5 sampe 2 tahunan. Masi hobi pangku, gendong dsb. Bikin saya gak fokus. Mana bisa jahit sambil mangku batita 😭.
Akhirnya dengan berat hati aku memutuskan stop dulu jahit-menjahitnya. Karena percuma diterusin kalo gak bisa fokus.

Another hobby of mine yang udah empat tahun ini kujalani adalah bikin cemilan. Aku gak bisa bilang hobi masak, karena emang aku jarang masak. Aku suka nya ngemil, maka nya hobi bikin cemilan. Empat tahun ini aku ikutan grup kantiners di sekolah Varah, anakku yang nomer 2. Seminggu 1 sampai 2 kali, kebagian jadwal ngisi kantin. Jadiii... aku putuskan mau menekuni dunia bikin cemilan yaa qiqiqiqi...


2. Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

Jawab:
Ada beberapa alasan mengapa aku milih bikin cemilan sebagai ilmu yang ingin kutekuni. Tapi alasan utama adalah karena aku suka ngemil, pak suami suka ngemil, anak-anak ku juga suka ngemil. 

Anakku kalo beli cemilan gak mau sedikit, nanti ujung-ujungnya berebut, berantem. Jadilah beli banyak, dan boros!! Gimana caranya supaya hemat? Ya emaknya harus belajar bikin cemilan alias snack yang anak-anak suka. Anak-anak hepi bisa makan snack favoritnya, akupun hepi karena engga tekor.


3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut.

Jawab:
Engga ada strategi khusus untuk belajar bikin cemilan buat. Berbekal smartphone dan koneksi internet, aku mulai rajin gugling resep-resep. Baca-baca resep dan nyari resep yang menarik minat anak-anak, bahan nya simpel, mudah kyalo bikin di rumah sehari-hari. Aku juga install aplikasi cookpad sih, lebih mudah membandingkam resep di cookpad, dan nyari mana resep yang paking populer. Insya allah lebih enak kali yaaa

Pengen juga sih les baking bikin cake, cookies  dan pernik-pernik hiasan nya. Tapi itu sepertinya nanti dulu deh, nunggu si kecil masuk SD supaya waktuku lebih senggang. Sementara ini jadi anggota kantiners udah cukup ngasih aku kesempatan berkreasi. Di kala aku mau bikin sesuatu, tapi ternyata anak-anak gak suka, snack nya aku jual ke kantin, atau kubawa untuk potluck arisan/gathering/liqo. Dan ternyata masi ada aja yang suka. Bukan snack sisaan yang gak enak ato gosong loh yaa... ini snacknya masih layak makan, masalah selera anak-anak ku aja sih 😊


4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut.

Jawab:
Aku jadi lebih rajin mencatat resep-resep di buku fileku. Resep yang sudah kucoba , harus sudah tercatat di buku. Harus rajin juga mencatat modifikasi resep di footnote, ini penting banget, karena kalo bikin lagi terus lupa kemaren bahan apa yang ditambahkan n dikurangi πŸ˜†, suhu baking oven seberapa, wassalam...kacau deh rasa snacknya,  harus ngulangi lagi deh dari awal.

Perubahan sikap kedua setelah rajin bikin cemilan adalah, bertambah nya rasa ingin tahu jika nemu resep baru yang bikin ngiler hehehe. Jadi pengen cepet-cepet paktek.

Perubahan sikap ketiga adalah jadi lebih banyak berbagi dengan orang di sekelilingku. Ini otomatis sih sebenernya, apalagi kalo nyobain resep baru... harus berbagi sama tetangga atau temen. Simbiosis mutualisme sih sebenernya, karena yang disuruh icip seneng, aku juga seneng karena dapet dikasi tau snack bikinanku udah enak atau belom.

Perubahan sikap terakhir adalah pantang menyerah. Ada kalanya gagal.... cake kurang ngembang, cookies gosong, otak-otak terlalu asin wkwkwk gak perlu disebutin semua yaa.. maluuu ☺️πŸ˜† Kalo lagi down, putus asa, patah semangat, break dulu ganti bikin snack yang laen, sambil introspeksi kira-kira apa penyeban gagalnya tadi. Setelah semangat lagi, bikin lagi dengan resep yang sama, bisa juga ganti resep laen yang lebih menggiurkan.


Ibu Profesional Matrikulasi Batch #5 NHW #1 Day #1
#NHW #1
#Day #1
#Kuliah Matrikulasi Batch #5
#Adab Menuntut Ilmu







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mini Project Kelas Online Basic Decor Cake dari Dapur Emak Depok

Saya suka masak bareng di dapur, sesuai dengan hobi saya.... ngobrol dan ngunyah.... karena itu saya memilih kelas minat Dapur Emak πŸ’– Berhubung sekarang masih ada pandemi corona, jadi tidak memungkinkan bagi kelas minat untuk mengadakan mitup offline. Jadi terlintas ide di benak saya tuk mengadakan kelas online dengan platform FB 😁. Mengapa FB, karena jika kelas online diadakan di wag, kemungkinan akan memberatkan memori smartphone, karena terlalu banyak video yang disimpan. Jadi dengan kelas online di FB, peserta bisa mengakses video selamanya tanpa perlu menyimpan.  Judul : Kelas Online Basic Decor untuk Cake Deskripsi Project :  Belajar membuat Basic Decor Cake. 🍰Pemateri menyiapakan video materi terlebih dahulu. 🍰Video pertama adalah resep dan cara membuat butter cream. Disertai resep tertulis, lengkap dengan step-step cara membuat. 🍰Peserta sudah menyiapkan cake bebas yg sudah jadi (siap dihias), bahan butter cream dan pewarna butter cream. Susunan ma...

Day 1. Belajar Pengukuran Dengan Menimbang Adonan Bolen

Tak terasa waktu berjalan, sudah memasuki Game Level 6.  Kali ini emak udah berjanji untuk mengerjakan level ini lebih baik dari level 5 kemaren.  Bismillah....  Di level ini emak harus membuat anak suka dengan matematika. Karena sejatinya, tanpa kita sadari, matematika itu ada di sekitar kita. Pelajaran matematika bukanlah suatu pelajaran yang harus ditakuti atopun dibenci. Untuk itu, emak harus kreatif mengajarkan matematika dasar kepada anak. Tadinya mau bikin  games plan untuk day 1 sampai 10, tapi biasanya bocah belom tentu mau jalan sesuai dengan planning emak. Jadilah emak merencanakan games matematika nya day by day aja.  Hari jumat ini, berhubung emak sedang bikin adonan untuk pesenan bolen, langsung dimanfaat sajah untuk praktek kegiatan pengukuran matematika hari ini. Untuk mengerjakan ini sebenarnya mudah, ada adonan seberat X gram (maafkan pake X karena emak lupa mencatat angka persisnya), adonan ini harus dibagi menjadi 60 adonan...

Day 4. Sekuel Playing With Money

Real time hari ke 6 tantangan 10 hari. Tapi, here i am... baru nulis sampe hari ke 4 😁 πŸ˜† Di Gambar diatas emak prepare bikin 4 kolom yang ditulisin gambar koin 100, 200, 500 dan 1000. Lalu gambar beberapa bulatan dibawah gambar, random aja jumlahnya, suka suka emak. Tugas anak adalah meletakkan koin yang sama sesuai gambar diatas, lalu menjumlahkan kuantitas koin (bukan nilai riilnya ya). Tulis jumlahnya di bawahnya. Seperti terlihat di gambar, veena belum bisa menulis angka 4 dan 6, jadi emak kasi contoh di kertas disampingnya. Untuk angka 2 ditulis veena secara mandiri.  Di gambar ke 2, ini ceritanya emak mau maen jualan sama Veena. Barangnya dikasi label harga sesuai koin yang ada. Disini Veena harus jadi pembeli dulu. Karena nanti tugas Veena adalah membayar koin seseuai dengan label harga pada masing-masing barang. Kurang lebih seperti gambar ke 3 yaa nanti bayar nya.  "Jualan...jualaan.... Buk, beli dong bu... donat nya murah nih buk, c...